.
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Free counters!

Kamis, 04 Oktober 2012

Harapanku untuk PLN


kali ini admin akan menulis tentang harapan admin untuk PLN,semoga PLN bisa mengabulkan doa mimin :D.



ini dia Harapanku untuk PLN :

1.Jangkauan listrik untuk seluruh warga Indonesia.
Listrik saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan,sehingga seluruh warga Indonesia berhak mendapatkan Listrik dengan mudah tanpa proses yang sulit namun sesuai dengan peraturan yang telah ada dalam hal ini seperti pemasangan Listrik baru yang saat ini sudah menjadi realita di mata masyarakat “harus ada iming-iming biaya tambahan untuk pemasangan listrik baru dengan cepat” .

2.Pemerataan listrik untuk seluruh wilayah Indonesia.
Seperti sayur tanpa garam itulah peribahasa yang pas untuk menggambarkan Listrik bagi kehidupan masyarakat.Pemerataan artinya pembagian wilayah di seluruh Indonesia harus terjangkau listrik.Dari sabang sampai merauke,dari kota sampai pedesaan,dari pengunungan sampai perairan semuanya berhak mendapatkan layanan listrik.Sudah menjadi rahasia umum sampai tahun 2012 ini masih saja banyak wilayah di Indonesia yang belum terjangkau listrik,kebanyakan dari mereka berada di wilayah Luar Pulau JAWA,bahkan di pulau jawa pun masih ada saja wilayah yang belum terjamah listrik.Memilukan bagi pulau jawa yang dikenal sebagai surganya listrik.
Ada beberapa poin yang mengganjal pemerataan listrik di Indonesia :
  • PLN terlalu berkonsentrasi di pulai JAWA
  • Biaya yang besar untuk menyalurkan listrik ke daerah terpencil (sulit diakses ) seperti wilayah Pulau kalimantan dan Papua. Kembali lagi Biaya menjadi hal yang vital disini.PLN yang setiap tahun selalu menjadi perusahaan yang merugi tentu sulit bagi mereka untuk dapat mengucurkan dana yang besar karena keterbatasan anggaran.Tapi semangat listrik untuk seluruh wilayah di Indonesia harus tetap berkibar.

Kita contohkan di beberapa wilayah banyak dari warga Indonesia yang masih belum mendapat pasokan listrik,namun dengan ide kreatif masyarakat setempat mereka membangun suatu bendungan air sederhana sehingga dapat menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik,namun dengan pasokan yang terbatas.PLN harus berterimakasih kepada orang-orang kreatif tersebut karena membantu sementara tugas PLN.

Diambil dari contoh diatas PLN dapat melakukan beberapa cara untuk membantu pemerataan listrik kepada wilayah yang sulit diakses:

  • Membuat Program yang intinya listrik dari alam. Sebenarnya banyak sekali media di alam ini yang dapat dijadikan listrik seperti AIR,ANGIN,PANAS MATAHARI dll. Tentunya dengan harga yang murah dan bersahabat dengan alam.
  • Bekerjasama dengan LSM-LSM untuk melaksanakan program tersebut.Tak dipungkiri orang-orang LSM lebih mudah masuk kelingkupan masyarakat dan lebih memahami karakteristrik masyarakat di suatu tempat(orang pribumi).
  • Menyerukan dan mengajak kepada masyarakat di wilayah yang belum terjamah listrik agar membangun suatu program yang disebutkan diatas untuk menunggu sampai wilayahnya terjangkau listrik dari PLN.
Dilihat dari poin-poin diatas PLN dapat meringankan beban mereka.Yang pertama PLN dapat menunggu sampai infrastruktur mereka telah siap untuk memasang listrik di wilayah tersebut dan yang Kedua PLN tetap dapat memenuhi Tugas mereka agar seluruh wilayah di Indonesia terjangkau listrik.

3.Pembangunan infrastruktur PLN yang menunjang kinerja PLN.
Tak dipungkiri semakin baik kualitas infrastruktur akan membuat kinerja suatu usaha akan menjadi maksimal.Seperti hal berikut yang sering terjadi akibat kualitas infrastruktur yang kurang baik:
  • Seringnya pemadaman listriik dikarenakan PLN melakukan perawatan komponen gardu listrik. 
  • Naik turunnya tegangan listrik .Hal ini sangat beresiko bagi para pelanggan PLN karena akibat yang ditimbulkan berdampak buruk bagi barang elektronik yang dimiliki.Daerah saya yang selama 5 tahun ini jarang terjadi naik turun tegangan,malahan selama sebulan terakhir hampir mengalami naik turun tegangan  setiap hari. Inilah bukti dari infrastruktur yang sudah tidak baik/perlu pergantian dikarenakan infrastruktur yang ada sekarang sudah termakan usia.
  • Infrastruktur bangunan PLN yang tidak memadai kapasitasnya.Saya berbicara tentang ini dikarenakan saya pernah melaksanakan PKL di PLN,tidak saya pungkiri kualitas bangunan tempat dimana saya PKL sangat baik,mungkin karena PLN pusat daerah Jabar.Tapi sangat disayangkan perbedaan antara bangunan  tempat saya PKL dan cabang sangatlah jauh berbeda,dimana sering kali saya melihat berita di televisi ruangan-ruangan kerja para pegawai PLN kurang layak(berdempetan dan kecil ) sehingga dapat mengganggu kinerja dan kualitas kerja yang harus tercapai.

4.Kualitas pelayanan PLN dalam bidang SDM.
Kualitas SDM pun harus lebih ditingkatkan  untuk mempercepat dan memperbaiki kinerja PLN.
semakin baik SDM maka semakin baik pula hasil yang akan didapat.

5.Mediasi kepada masyarakat untuk melakukan penghematan listrik.
Secara tidak langsung mediasi ini berperan sangat besar untuk menghemat pasokan listrik,tentunya akan dapat menghemat anggaran dan subsidi yang diberikan pemerintah.Subsidi tersebut dapat dialihkan untuk membangun infrastruktur PLN di daerah-daerah.
Saya masih ingat tentang seruan PLN yang ditampilkan dalam iklan di Televisi yang intinya untuk menghemat listrik di jam-jam puncak yaitu jam 17.00-22.00 .Menurut saya iklan tersebut sangat membantu dan memberi  pengaruh besar kepada masyarakat termasuk saya yang memang merasa lebih mengerti dan paham agar menghemat di waktu tersebut.Efek yang cukup besar kerika saya dan masyarakat lainnya melihat iklan tersebut.
Namun akhir-akhir ini saya jarang sekali melihat seruan-seruan seperti tersebut padahal PLN terus saja memberitakan di media massa bahwa mereka  sedang mengalami krisis energy yang lambat laun akan dirasakan oleh masyarakats seperti kenaikkan tariff dasar listrik(TDL).
Padahal ada cara lain yang lebih mudah untuk menghemat energy dan meminimalkan kerugian yang dirasakan.Salah satunya adalah menyerukan Besar-besaran tentang arti penting Hemat listrik kepada masyarakat Luas.seperti:
  • Penayangan iklan tentang “hemat listrik” harus secara terus-terusan(berkesinambungan)  bukan hanya sesaat.Hari-hari kebelakang ini saya sering melihat iklan tentang hemat listrik,tetapi apakah itu dilakukan untuk menyambut hari listrik saja? Tentu tidak boleh terjadi,semuanya harus berjalan terus.
  • Media Internet sekarang menjadi magnet yang cukup besar di mata masyarakat.PLN dapat menyerukan penghematan listrik di jejaring social seperti facebook dan twitter.Membuat video kreatif serta unik tentang penghematan listrik dan mengunggahnya ke YOUTUBE bukan suatu hal yang tidak ada artinya.Satu kelebihan media ini adalah harganya yang murah.

Dua(2) poin diatas saya rasa cukup untuk membuat masyarakat Indonesia semakin mengerti akan artinya hemat listrik.


inilah harapan yang saya inginkan untuk PLN,semoga kedepannya PLN dapat menjadi lebih baik.

 Selamat hari listrik nasional 27 oktober 2012





Artikel Terkait:

0 komentar

Poskan Komentar